Senin, 30 Mei 2016

SQ, SQL, SPL Mudah dipahami Pemula

SQ , SQL , SPL

Telah banyak artikel yang menulis dan membahas tentang SQ, SQL dan SPL dalam dunia audio mobil, namun masih banyak yang belum benar-benar memahaminya dengan jelas.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberi pengertian dengan jelas, maksud dan pemahaman tentang SQ, SQL dan SPL. Khususnya bagi sobat pemula dalam dunia audio mobil.

SQ

SQ singkatan dari "Sound Quality", bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka
terjemahannya adalah Kualitas Suara (suara yang berkualitas).
Kualitas Suara merupakan hasil akhir dari setting audio (pengaturan suara) dengan dukungan perangkat yang digunakan.

Seluruh perangkat yang digunakan punya peran penting dalam menentukan Kualitas Suara. Mulai dari perangkat Head Unit, Power Ampli, Speaker, Subwoofer, dll, juga kabel yang digunakan untuk instalasi memiliki peran yang sangat penting untuk hasil akhir (suara).
Pada umumnya audio SQ dibangun pada bagian kabin depan. Baik dengan sistem 2 way, maupun 3 way. Tujuannya untuk mendapatkan kualitas suara, bagi penikmat musik (pendengar) di bangku kemudi (supir), bila settingannya mengarah ke bangku kemudi. Secara umum, settingan SQ dapat diartikan settingan untuk individu (perseorangan).

Bingung ya...?
Mari kita ambil satu contoh,
Ibaratnya Anda sedang mendengarkan musik slow rock (Bon Jovi), di saat Anda sedang menikmati alunan musik, Anda seakan akan berada di depan panggung. Anda akan mendengarkan vokal (suara penyanyi) tepat di depan Anda. Suara melodi gitar datangnya dari sebelah kanan depan Anda. Suara drum datangnya dari sebelah kiri depan Anda. Suara / nada datangnya dari tempat alat musik di mainkan. dst. Itu hanya sekedar contoh, intinya adalah Anda mendengar musik seakan akan nyata ada di depan panggung.

Dalam penerapannya , SQ tidak hanya sekedar menggunakan perangkat bagus, tapi juga tata letak perangkat untuk hasil akhir. Dimana ketika Anda mendengar musik (suara) dari perangkat audio, seakan akan nyata / live. Tingkat kedetilan alat musik (gitar, drum, piano, dll) serasa nyata,  serasa suara alat musik datang dari tempatnya masing-masing.

SQL

SQL singkatan dari "Sound Quality Loud" bila diterjemahkan memiliki arti Suara Kuat dan Berkualitas, atau dengan kata lain Suara kencang memiliki kualitas (db besar).
SQL dapat dikategorikan dengan perpaduan dari SQ dan SPL, SQL dibangun untuk menghasilkan suara yang berkualitas dan juga kuat (bertenaga/db besar). Pada kebanyakan mobil, SQL dibangun pada bagian kabin belakang mobil. Beberapa ada juga panel pintu yang ikut di custom / modifikasi (umumnya panel pintu depan).

SQL Mudah di pahami Pemula

SQL mengutamakan kualitas suara, namun tidak seperti kedetilan suara seperti SQ.
Karena SQL kebanyakan di desain untuk suara diluar kabin mobil, sementara SQ untuk dalam kabin mobil. Maka SQL dapat dinikmati ramai-ramai, seperti sebuah konser musik. Setel musik, dan Kita bisa nongkrong bersama untuk menikmatinya. Karena suara dibangun berkualitas, untuk di dengarkan di luar kabin mobil.

SPL

SPL lebih mengutamakan kekuatan suara / bass (bass db besar), asal bass-nya besar dan bertenaga, sudah bisa dikatakan dengan SPL. Tidak membutuhkan kedetilan suara seperti SQ ataupun SQL, yang penting nada rendah kencang (bass), kemudian suara tinggi dapat mengimbangi (high) yang diperankan oleh tweeter. Untuk suara tengah (mid) seperti vokal, tidak terlalu di perhatikan. Karena jika mid ikut jadi perhatian (kualitas suara tengah seperti vokal), maka akan masuk kategori SQL. Jadi intinya..SPL itu lebih mengutamakan bass kencang bertenaga (kuat).

SPL Mudah dipahami Pemula


Maka kesimpulan yang dapat diambil adalah,
Bahwa membangun audio untuk SQ (benar-benar suara berkualitas) itu, membutuhkan kedetilan yang lebih akurat, mulai dari tata letak perangkat, perangkat yang digunakan, instalasi, setting sampai hasil akhir suara. Dan membangun suara SQ, lebih sulit di banding SQL maupun SPL.

Contoh kesulitan yang umum buat perbandingan.
Ketika ada suara storing halus (kecil), untuk suara SQ... itu terasa mengganggu dan sangat jelas terdengar. Tapi untuk SQL dan SPL...storing itu nyaris tak terdengar, karena terbenam dengan kuatnya suara. Dan masih banyak lagi perbedaan lainnya, tingkat kesulitan membangun kualitas suara untuk SQ.

Banyak juga penikmat musik membangun / modifikasi audio mobilnya dengan kualitas SQ dan SQL (suara dalam dan luar kabin berkualitas). Suara tetap berkualitas, baik ketika pelan untuk di nikmati sendiri dalam mobil, ataupun dengan suara kencang untuk di luar mobil.

Baca juga, Bagian dari Kualitas Suara Audio Mobil.

Sampai disini dulu sobat...semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Boss saya mau tanya. saya punya audio mobil kalau di besarkan suaranya bass jadi pecah penyebab nya apa ya boss ? merk power saya ADS. MAKASIH SEBELUMNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan Power Ampli kurang mampu mendorong Speaker / Sub Woofer bozz,,

      Hapus

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.