Rabu, 10 Februari 2016

Pahami Selera Musik Lalu Modifikasi Audio Mobil

Dengan perkembangan teknologi pada audio mobil saat ini, banyak pasar menawarkan berbagai macam produk dengan kelebihan dan keunggulan dari masing-masing perangkat.
Mulai dari Head Unit, Crossover, Equalizer, Power Amplifier, Speaker, Sub Woofer dll.

Maka ada baiknya anda pahami lebih dulu apa yang menjadi kebutuhan Anda, agar hasil akhir sesuai dengan harapan Anda. Karena sering terjadi ketika selesai modifikasi, biaya yang dikeluarkan diluar dugaan, dan hasilnyapun tidak seperti yang diharapkan. Hal ini sering terjadi ketika Kita tergiur dengan promo dari produk yang ada dipasaran, namun Kita tidak benar" memahami fungsi dan karakter dari perangkat yang Kita beli. Pada akhirnya kita merasa mengeluarkan biaya yang sia-sia.

PAHAMI SELERA MUSIK SEBELUM MODIFIKASI AUDIO MOBIL

Jika Anda masih pemula dalam audio mobil (seperti saya), sebaiknya pahami lebih dulu aliran musik yang Anda suka (genre). Karena setiap perangkat memiliki karakter masing-masing. Bagi Anda yang masih pemula mungkin agak sulit memahaminya, jadi mari kita ulas secara perlahan-lahan.

Untuk jenis aliran musik yang beredar saat ini sangat banyak, antara lain;
POP, ROCK, SLOW ROCK, COUNTRY, BLUES, JAZZ, REGGAE, SKA, METAL, DANGDUD, KERONCONG ,HIP-HOP dll.

Maka sekarang Anda tempatkan jenis aliran musik yang Anda suka. Setelah itu Anda dapat menyesuaikan perangkat serta anggaran, yang nantinya digunakan untuk menghasilkan suara sesuai dengan keinginan (selera Musik) Anda.

Contohnya untuk penggemar musik aliran keras dan kencang, seperti DISCO, HIP-HOP, HARD ROCK dll. Untuk aliran musik ini membutuhkan kemampuan power amplifier yang bertenaga (watt besar). Tujuannya untuk menghasilkan bass yang besar, dan bertenaga. Tapi juga harus di imbangi dengan speaker-subwoofer (watt besar). Jenis musik ini lebih menonjolkan TREBLE dan BASS. Lebih menonjolkan kekuatan dan kencangnya suara yang dihasilkan.

Mari kita ambil contoh lain, MUSIK KERONCONG.
Musik keroncong,  musik dalam negri. Mungkin dikalangan anak muda sekarang tidak banyak yang berminat dengan aliran musik ini. Karena jika kita mendengar sepintas menggunakan perangkat audio biasa/standar...musik ini terdengar biasa-biasa saja, apalagi jika Kita bukan penggemar musik keroncong.

Namun jika perangkat audio yang di gunakan mampu menghasilkan tingkat kedetilan, kejernihan serta settingan musik dan vokal yang sesuai, maka hasilnya sungguh memuaskan, dan membuat terlena. Tapi biaya yang dikeluarkan juga cukup lumayan, untuk mendapatkan hasil suara akhir yang maksimal.
MUSIC KERONCONG

Saya sendiri bukan penggemar maupun penikmat musik keroncong. Namun pendapat ini saya dapat dari beberapa teman yang pernah mengerjakan untuk membangun (modifikasi audio mobil) untuk jenis musik keroncong. Hal ini dikarenakan banyaknya tingkat kedetilan, beberapa diantaranya.

Speaker yang mendukung untuk karakter suara, seperti tweeter, mid range, midbass serta Sub Woofer yang dapat mengeluarkan semua frekuensi untuk kebutuhan jenis musik ini. Hal itu dimaksud untuk mendapatkan tingkat kedetilan suara. Mengingat musik keroncong menggunakan banyak alat musik (okulele, gitar, biola) dll. Jika Anda belum tau apa saja alat musik keroncong, Anda bisa lihat di wikipedia.

Selain speaker, Power Ampli yang akan digunakan juga menjadi salah satu faktor untuk menghasilkan karakter suara. Maka dibutuhkan power ampli yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan speaker. Selain karakter suara, power ampli juga salah satu yang menentukan tingkat kejernihan suara akhir.

Head Unit, awal dari semuanya. Belum lagi kabel" yang akan digunakan, serta penempatan perangkat untuk hasil suara yang maksimal. Dan masih banyak lagi hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk tingkat kedetilan dan kejernihan suara.

Selain dari perangkat yang digunakan, settingan akhir dari instalatur memegang peranan penting untuk hasil akhir suara.

Yang saya paparkan diatas ini hanyalah sedikit contoh buat Anda yang berniat untuk modifikasi audio mobil Anda. Setidaknya Anda dapat memahami selera musik Anda sebelum modifikasi.

Perangkat dan settingan dari instalatur menjadi penentu, hingga menghasilkan suara akhir yang maksimal. Jadi,,walaupun menggunakan perangkat audio yang berkelas / high end, jika tidak didukung dengan penempatan dan setingan yang baik, hasil suara akhir akan kurang maksimal.

Memang benar...  harga perangkat menentukan kualitas perangkat. Tapi bukan berarti jika menggunakan perangkat dengan harga yang "bersahabat" tidak berkualitas. Hasil akhir di tentukan dari perpaduan beberapa perangkat, mulai dari Head Unit, Power Amplifier, Speaker, Sub, Box, kabel, dll. Juga penempatan speaker serta instalasi - settingan akhir dari Anda.

Jika Anda berniat untuk modifikasi, ada baiknya untuk membuat gambaran,
  1. Aliran Musik yang Anda suka.
  2. Penampilan audio / tata letak perangkat.
  3. Biaya/ anggaran untuk modifikasi.
Bila Anda sudah memutuskan aliran musik yang Anda suka, selanjutnya membuat gambaran tampilan/  tata letak perangkat. Biasanya yang menjadi gendala untuk tata letak adalah ketika menerapkan speaker sistem 3 way, sistem ini menempatkan tweeter dan mid-range pada pilar.

Sebenarnya hal ini di maksud untuk mewujudkan kualitas suara (SQ), namun sebagian pengguna merasa risih karena pandangan jadi terganggu ketika mengemudi kendaraan. Maka sistem ini menjadi suatu pertimbangan sebelum memutuskan modifikasi sistem 3 way.

Kemudian biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan perangkat, dan juga biaya ketika modifikasi. Tapi mungkin bagi sebagian orang, biaya tidak jadi masalah selama hasil modifikasi dapat memuaskan seperti yang diharapkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kawan.. beri MASUKAN ataupun KOMENTAR, sesuai dengan TOPIK | Terima Kasih.